6 Mei 2012

Sepeda Fixie


explanation of the fixie bike              

         
Sepeda Fixie menurut fungsinya sendiri adalah sepeda yang di khususkan untuk balapan sepeda, dan menjadikan Si-Sepeda Fixie menjadi tren saat ini.                       

Kenapa sih si-Sepeda Fixie ini banyak di sukai oleh para remaja di dunia ??                                      

Mungkin karena karateristik si-Sepeda ini yang unik, mulai dari batangan dan bannya yang tipis, single gearnya, sampai fixed gear. Hal yang paling membedakan sepeda biasa sama Si-Sepeda Fixie ini yaitu pada fixed gear-nya. Fixed gear ini adalah gear yang di bikin mati dengan roda belakang yang artinya pedal akan berputar mengikuti rotasi ban, untuk mengerem dan berhenti cukup menahan pedal ke arah berlawanan ( ke belakang ). Banyak yang salah pasang gear ini sehingga keinginan membuat sepeda fixie justru malah jadi sepeda single speed dengan torpedo. Torpedo yaitu pedal masih bisa berhenti mengayuh saat roda belakang berputar. Untuk speed sendiri kebanyakan menggunakan single speed, sehingga sepeda fixie akan memberikan kesan sederhana baik dalam tampilan karena tidak adanya kabel-kabel gear speed yang melintang dan mekanik gear yang membikin menjadi rame.



Sepeda Fixie ini sendiri bisa kita rakit atau di beli, tapi kebanyakan merakit sendiri dari pada membeli. Karena ongkos-nya yang agak murah di bandingkan membeli sepedanya secara langsung atau utuh dan keuntungan lain dari merakit-nya secara langsung yaitu kita dapat menentukan sendiri variasi-variasi yang kita sukai pada Sepeda Fixie. Lagipula perlengkapan pada Sepeda Fixie ini sudah banyak di jual bahan-bahan dasar untuk merakitnya, di bengkel-bengkel dekat rumah Kaula Muda tapi kalau tidak ada, pesan melalui online juga banyak kok. 



Sepeda ini sedikit harus di perhatian, yaitu Sepeda ini tidak boleh melalui jalan yang berbatu atau jalan yang tidak mulus karena akan mempengaruhi ban dari Si-Sepeda Fixie dan itu merusak Pelek dari sepeda ini kalau menurut saya niihh, tapi itu semua tergantung dari penggunaan jenis ban dan pelek pada Sepeda ini sendiri. Dan juga harus dengan hati-hati ketika mengendarai Si-Sepeda ini, terutama pada turunan kita mesti menyeimbangkan nya dengan Fixed gear. Supaya tidak terjadi kesalahan dalam mengendarainya. Jangan sampai mau bergowes malah menjadi cidera. Kita harus membiasakan diri dulu menggunakan sepeda fixie ini sebelum menggunakannya untuk bergowes.



Sangking populernya Sepeda Fixie ini, sampe-sampe Komunitas Sepeda ini sudah banyak tersebar, baik itu resmi dan non-resmi. Seperti di Makassar Komunitas Sepeda Viksi yang terkenal yaitu MAFIA ( Makassar Fixie Activity Gear ).  finish







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar