6 Mei 2012

World Earth Day




Hari Bumi adalah hari Yang dimaksudkan untuk meningkatkan  kesadaran dan penghargaan terhadap Bumi. 

Nama dan konsep Hari Bumi dipelopori oleh John McConnell pada tahun 1969 di sebuah konferensi UNESCO di San Fransisco. Proklamasi Pertama Dari Artikel Baru Hari Bumi adalah San Francisco, Kota Santo Fransiskus, ekologi Pelindung santo. 

Hari Bumi Tanggal 22 April di tandai sebagai Hari untuk Bumi. Yang membuat lebih dari 500 juta Orang di 175 Negara bergabung dalam perayaan Hari untuk Bumi.  

Hari Bumi, ini bukan hanya dilaksanakan ketika sedang gawat-gawatnya tetapi Hari untuk Bumi harus kita rayakan setiap harinya.

Berikut adalah beberapa cara yang Anda dapat lakukan untuk membantu bumi setiap hari :

a)    Berjalan atau naik sepeda ke sekolah, tempat bekerja, tempat berbelanja, taman, atau toko. Ini adalah cara untuk membantu mengurangi polusi yang diciptakan oleh mobil, truk, bus, angkutan umum kereta api, dan Pesawat terbang.

b)   Menanam pohon.

c)    Membuang sampah pada tempatnya.

d)   Menggunakan Prinsip 4R.

Prinsip 4R yaitu

a)    Reduce (Mengurangi)
Sebisa mungkin lakukan minimalisasi barang atau material yang kita pergunakan. Semakin banyak kita menggunakan material, semakin banyak sampah yang dihasilkan.

b)   Reuse (Memakai kembali);
Sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai buang). Hal ini dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum ia menjadi sampah.

c)    Recycle (Mendaur ulang);
Sebisa mungkin, barang-barang yang sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Tidak semua barang bisa didaur ulang, namun saat ini sudah banyak industri non-formal dan industri rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain.

d)   Replace ( Mengganti);
Teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, Misalnya, ganti kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja, dan jangan pergunakan styrofoam karena kedua bahan ini tidak bisa didegradasi secara alami.

Berbagi Bumi berarti mengambil tanggung jawab atas apa yang kita gunakan dan bagaimana kita menggunakannya. Ini adalah hari untuk memikirkan tantangan lingkungan kita hadapi dan bagaimana menyelesaikannya. Melindungi Bumi adalah kewajiban setiap orang dan tanggung jawab setiap negara.

Sharing Earth means taking responsibility for what we use and how we use it. It is a day to think of the environmental challenges we face and how to solve them. Protecting Earth is every person's and every country's responsibility.

Hari Bumi  mengingatkan kita semua tentang berbagi planet yang sama. Dan menjaga  serta merawatnya demi kehidupan kita yang lebih baik di masa depan. finish








Tidak ada komentar:

Posting Komentar